Kamis, 28 Mei 2009

Air mata Dapur

Setelah menghilang dari peredaran planet blogger, kini aku hadir kembali dengan posting tentang pengalamanku selama di dapur. Kali ini yang aku jalankan agak sedikit berbeda dari yang dulu-dulu. Klau dulu aku sering menghabiskan waktu luangku utk ngelamun; sekarang aku lebih suka beraktivitas di dapur untuk bikin kue. Hobby bikin kue ini baru sekitar 3 mingguan. Ini semenjak aku membaca buku-buku resep tentang cara membikin kue. Minat ini sebenarnya sudah ada sejak dulu tapi baru hari-hari ini ia bisa kesampaian.

Kemarin-kemarin aku sama sekali tidak tahu nama-nama bahan yg tercantum di setiap resep yg aku dapatkan dari buku majalah maupun internet. Bahan-bahan seperti emulsier,improver dan palmia olex sangat asing bagiku. Tapi setelah pulang pergi dari toko bahan kue dan bertanya kesana-sini, akhirya aku tau juga.

Pengalaman pertamaku adalah membuat roll cake ato biasa disebut roti gulung. Saat itu aku terlalu bersemangat sehingga tidak sadar memasukan tepung secara berlebihan ke dalam adonan. Aku mengubah metode kocok menjadi metode ulen. Aku sangat was-was dengan hasilnya. Aku panggang dan hasilya kueku bantat. Ia tidak mengembang. Dengan sedih dan kecewa serta takut di ketawain ibukku (yang sebenarya jago masak dan bikin kue), aku lempar roll cake bantatku itu ke sungai. Oh my God! How sad I am at that time! Tapi aku tak lantas putus asa. Sorenya lagi, aku mencoba bikin kue dg resep yang sama dan hasilya pun tetap sama, yaitu roll cake bantat dan tidak mengembang. Kasus yg kedua ini disebabkan oleh api pemanggangan yg terlalu besar. Ibukku menertawakanku. Tidak mau putus asa, aku mengutuk-ngutuk diriku agar aku bisa bikin cake lembut, empuk dan mengembang.

Dengan kesal aku baca lagi buku tips dan langkah anti gagal dan pembuatan kue. Dua hari kemudian aku mengulanginya dg penuh semangat. Hasilnya -- alhamdulilah -- cake ku empuk, lembut dan mantap. Ibkku tersenyum. Aku pun tak bosan utk mencoba resep-resep yg lain seperti nastar, sponge dan mini tart. Intinya jika kita ingin belajar sesuatu yang baik, maka jangan berhenti utk berlatih, berlatih dan berlatih. Tetap mencoba, mencoba dan mencoba! Jika kau mau pasti kau bisa.

0 komentar: